Selasa, 17 September 2013

Instrumen Penilaian RPP Integrasi Karakter Bangsa




INSTRUMEN
Penilaian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Integrasi Karakter Bangsa

IDENTITAS GURU



1.    Nama
:

2.    NIP/NUPTK
:

3.    Pangkat/Golongan
:

4.    Jenis Kelamin
:
L/P *)
5.    Tempat, tgl lahir
:

6.    Pendidikan Terakhir
:

7.    Sekolah Tempat Tugas


1)    Nama
:

2)    Alamat Sekolah
:




3)    Kecamatan
:

4)    Kabupaten/Kota
:

5)    Provinsi
:

6)    No. Telp. Sekolah
:

7)    Alamat e-mail
:

8)    Nomor Statistik Sekolah
:

8.    Mata Pelajaran /Guru Kelas SD
:






*)Coret yang tidak perlu

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1    =  sangat tidak baik
2    =  tidak baik
3    =  kurang baik
4    =  baik
5    =  sangat baik



LEMBAR PENILAIAN SILABUS

No
Aspek yang dinilai
Skor
Komentar
1.     
Kesesuaian antara KD dengan materi pokok
1  2  3  4  5



2.     
Kesesuaian antara KD dengan kegiatan pembelajaran
1  2  3  4  5



3.     
Kesesuaian antara KD dengan indikator
1  2  3  4  5



4.     
Kesesuaian antara indikator dengan penilaian
1  2  3  4  5



5.     
Kesesuaian antara karakteristik peserta didik dengan kegiatan pembelajaran
1  2  3  4  5



6.     
Kesesuaian rumusan penambahan dan/atau modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga ada kegiatan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai karakter
1  2  3  4  5

7.     
Kesesuaian rumusan penambahan dan/atau modifikasi indikator pencapaian sehingga ada indikator yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter
1  2  3  4  5

8.     
Keruntutan/sistematika langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran
1  2  3  4  5



9.     
Kesesuaian antara KD, indikator dengan estimasi waktu
1  2  3  4  5



10.  
Kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan metode, media
1  2  3  4  5



11.  
Kesesuaian rumusan penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian sehingga ada teknik penilaian yang dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter
1  2  3  4  5

Skor Total
.......


Nilai: Skor yang diperoleh / skor maksimal (55) x 100%
........................, .................
Penilai,


(....................................)
NIP



LEMBAR PENILAIAN RPP

 

No
Aspek yang dinilai
Skor
Komentar
1.    
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbul kan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
1  2  3  4  5

2.    
Nilai karakter dan indikator  yang akan dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar/materi ajar
1  2  3  4  5



3.    
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1  2  3  4  5



4.    
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1  2  3  4  5



5.    
Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
1  2  3  4  5

6.    
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup)
1  2  3  4  5

7.    
Pengintegrasian nilai karakter dalam proses pembelajaran (awal, inti, dan penutup) dirumuskan secara tepat




8.    
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
1  2  3  4  5

9.    
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran
1  2  3  4  5



10. 
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
1  2  3  4  5



11. 
Penilaian unsur nilai karakter dirumusakan secara tepat
1  2  3  4  5



Skor Total
.......


Nilai: Skor yang diperoleh / skor maksimal (55) x 100%

........................, .................
Penilai,


(....................................)
NIP





INSTRUMEN
SUPERVISI AKADEMIK

Nama Sekolah
: ………………………………………………….
Alamat
: ………………………………………………….
Nama Guru
: ………………………………………………….
Mata Pelajaran
: ………………………………………………….
Kelas/Semester
: ……………………………………………….. 
Hari, tanggal, jam ke
: ………………………………………………… 
Jumlah peserta didik di kelas ini ………. orang, hadir ……. orang, tidak hadir ………. orang








NO
KOMPONEN

INDIKATOR
SKOR
SARAN
PER
BAIKAN
I
PERSIAPAN
Administrasi lengkap 









A
Administrasi








Analisis SK dan KD mata pelajaran yang diampu
1  2  3  4  5

Program tahunan
1  2  3  4  5

Program semester
1  2  3  4  5

Silabus (Terintegrasi Pendikar)
1  2  3  4  5

RPP (Terintegrasi Pendikar)
1  2  3  4  5

Daftar nilai memuat semua hasil penilaian yang telah dilaksanakan di kelas ini
1  2  3  4  5

Jurnal pembelajaran
1  2  3  4  5
B
Alat dan bahan

Alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran sudah disiapkan
1  2  3  4  5


II
KEGIATAN PEMBELAJARAN










A
Pembukaan
Guru 


 Memberi apersepsi dan motivasi
1  2  3  4  5

Memberitahukan KD untuk pembelajaran hari ini
1  2  3  4  5

Memberitahukan indikator/tujuan pembelajaran
1  2  3  4  5

Menanamkan/memberikan teladan (mis disiplin, rapi, ramah, dll)
1  2  3  4  5

Menjelaskan kegiatan/tugas yang harus dilakukan peserta didik
1  2  3  4  5
B
Kegiatan Inti
Eksplorasi









Peserta didik:




menggali informasi dari berbagai sumber, misalnya membaca buku teks, mengakses internet, berdiskusi, melakukan percobaan, dsb
1  2  3  4  5







mengumpulkan dan mengolah data
1  2  3  4  5


Guru:













Menggunakan berbagai pendekatan dan media pembelajaran
1  2  3  4  5





Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, dan atau peserta didik dengan berbagai sumber belajar (dengan sabar dan tekun)
1  2  3  4  5









Melibatkan peserta didik secara aktif  dalam pembelajaran
1  2  3  4  5




2
Elaborasi












Peserta didik:
  



melaporkan hasil eksplorasi secara lisan dan atau tertulis, secara individual atau kelompok
1  2  3  4  5







menanggapi laporan yang disampaikan oleh temannya
1  2  3  4  5





mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya dengan santun
 1  2  3  4  5





Guru:











memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, memecahkan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut?


1  2  3  4  5 








memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar?
  
1  2  3  4  5 







3
Konfirmasi







Peserta didik:




melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya?
1  2  3  4 5  




Guru:



















memberi umpan baik positif kepada peserta didik?
1  2  3  4 5





memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
1  2  3  4 5 








berperan sebagai narasumber dan fasi-litator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan, dengan bahasa yang baik dan santun
  1  2  3  4 5









memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi

 1  2  3  4 5





memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 1  2  3  4 5




C

Kegiatan Penutup




Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran
1  2  3  4  5




Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
1  2  3  4 5

KESIMPULAN UMUM 

Langkah-langkah pembelajaran sesuai/tidak sesuai*) dengan RPP yang dikembangkan


SARAN PEMBINAAN

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 ………………………………………………………………………………………………….
  













…………….., …………….. 2010









GURU YANG DISUPERVISI
SUPERVISOR


















……………………………………..
……………………………………..




NIP. ……………………………….





















Nilai : skor diperoleh /155 x100%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar