
INSTRUMEN
Penilaian
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Integrasi
Karakter Bangsa
IDENTITAS GURU
1. Nama
|
:
|
|
2.
NIP/NUPTK
|
:
|
|
3.
Pangkat/Golongan
|
:
|
|
4.
Jenis Kelamin
|
:
|
L/P
*)
|
5.
Tempat, tgl lahir
|
:
|
|
6.
Pendidikan Terakhir
|
:
|
|
7.
Sekolah Tempat Tugas
|
|
|
1)
Nama
|
:
|
|
2)
Alamat Sekolah
|
:
|
|
|
|
|
3)
Kecamatan
|
:
|
|
4)
Kabupaten/Kota
|
:
|
|
5)
Provinsi
|
:
|
|
6)
No. Telp. Sekolah
|
:
|
|
7)
Alamat e-mail
|
:
|
|
8)
Nomor Statistik Sekolah
|
:
|
|
8. Mata Pelajaran /Guru
Kelas SD
|
:
|
|
|
|
|
|
|
*)Coret
yang tidak perlu
|
Petunjuk
Berilah skor pada
butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom
skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan
kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat
baik
LEMBAR PENILAIAN SILABUS
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Komentar
|
1.
|
Kesesuaian antara KD dengan materi pokok
|
1 2 3
4 5
|
|
2.
|
Kesesuaian antara KD dengan kegiatan pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
|
3.
|
Kesesuaian antara KD dengan indikator
|
1 2 3
4 5
|
|
4.
|
Kesesuaian antara indikator dengan penilaian
|
1 2 3
4 5
|
|
5.
|
Kesesuaian antara karakteristik peserta didik dengan
kegiatan pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
|
6.
|
Kesesuaian
rumusan penambahan dan/atau modifikasi kegiatan pembelajaran sehingga ada
kegiatan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai karakter
|
1 2 3
4 5
|
|
7.
|
Kesesuaian
rumusan penambahan dan/atau modifikasi indikator pencapaian sehingga ada
indikator yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter
|
1 2 3
4 5
|
|
8.
|
Keruntutan/sistematika langkah-langkah dalam kegiatan
pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
|
9.
|
Kesesuaian antara KD, indikator dengan estimasi waktu
|
1 2 3
4 5
|
|
10.
|
Kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan metode,
media
|
1 2 3
4 5
|
|
11.
|
Kesesuaian
rumusan penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian sehingga ada teknik
penilaian yang dapat mengembangkan dan/atau mengukur perkembangan karakter
|
1 2 3
4 5
|
|
Skor Total
|
.......
|
|
Nilai: Skor yang diperoleh / skor
maksimal (55) x 100%
........................,
.................
Penilai,
(....................................)
NIP
LEMBAR PENILAIAN RPP
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Komentar
|
1.
|
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbul
kan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)
|
1 2 3
4 5
|
|
2.
|
Nilai karakter dan indikator yang akan dikembangkan sesuai dengan
kompetensi dasar/materi ajar
|
1 2 3
4 5
|
|
3.
|
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan
karakteristik peserta didik)
|
1 2 3
4 5
|
|
4.
|
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika
materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
|
1 2 3
4 5
|
|
5.
|
Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan
tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
|
1 2 3
4 5
|
|
6.
|
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah
kegiatan pembelajaran : awal, inti, dan penutup)
|
1 2 3
4 5
|
|
7.
|
Pengintegrasian nilai karakter dalam proses
pembelajaran (awal, inti, dan penutup) dirumuskan secara tepat
|
|
|
8.
|
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah
tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
|
1 2 3
4 5
|
|
9.
|
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
|
10.
|
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
1 2 3
4 5
|
|
11.
|
Penilaian unsur nilai karakter dirumusakan secara tepat
|
1 2 3
4 5
|
|
Skor Total
|
.......
|
|
Nilai: Skor yang diperoleh / skor
maksimal (55) x 100%
........................, .................
Penilai,
(....................................)
NIP
|

INSTRUMEN
SUPERVISI AKADEMIK
Nama Sekolah
|
: ………………………………………………….
|
||||||||||
Alamat
|
: ………………………………………………….
|
||||||||||
Nama Guru
|
: ………………………………………………….
|
||||||||||
Mata Pelajaran
|
: ………………………………………………….
|
||||||||||
Kelas/Semester
|
: ………………………………………………..
|
||||||||||
Hari, tanggal, jam ke
|
: …………………………………………………
|
||||||||||
Jumlah peserta didik di kelas ini ………. orang, hadir ……. orang, tidak
hadir ………. orang
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
NO
|
KOMPONEN
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
SARAN
PER
BAIKAN
|
|||||||
I
|
PERSIAPAN
|
Administrasi lengkap
|
|
|
|||||||
A
|
Administrasi
|
Analisis SK dan KD mata pelajaran yang diampu
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
Program tahunan
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Program semester
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Silabus (Terintegrasi Pendikar)
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
RPP (Terintegrasi Pendikar)
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Daftar nilai memuat semua hasil penilaian yang
telah dilaksanakan di kelas ini
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Jurnal pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
B
|
Alat dan bahan
|
Alat dan bahan yang akan digunakan dalam
pembelajaran sudah disiapkan
|
1 2 3
4 5
|
|
|||||||
II
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
|||||||||
A
|
Pembukaan
|
Guru
|
|||||||||
Memberi
apersepsi dan motivasi
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Memberitahukan KD untuk pembelajaran hari ini
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Memberitahukan indikator/tujuan pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Menanamkan/memberikan teladan (mis disiplin,
rapi, ramah, dll)
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
Menjelaskan kegiatan/tugas yang harus dilakukan
peserta didik
|
1 2 3
4 5
|
||||||||||
B
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
|
|
|
|||||||
|
|
Peserta didik:
|
|
||||||||
|
|
menggali informasi dari berbagai sumber, misalnya
membaca buku teks, mengakses internet, berdiskusi, melakukan percobaan, dsb
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
mengumpulkan dan mengolah data
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
Guru:
|
|
|
|||||||
|
|
Menggunakan berbagai pendekatan dan media
pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta
didik, peserta didik dengan guru, dan atau peserta didik dengan berbagai
sumber belajar (dengan sabar dan tekun)
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
2
|
Elaborasi
|
|
|||||||
|
|
Peserta didik:
|
|
||||||||
|
|
melaporkan hasil eksplorasi secara lisan dan atau
tertulis, secara individual atau kelompok
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
menanggapi laporan yang disampaikan oleh temannya
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
mengajukan argumentasi untuk memperkuat
pendapatnya dengan santun
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
Guru:
|
|
|
|||||||
|
|
memfasilitasi peserta didik untuk berpikir
kritis, menganalisis, memecahkan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut?
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar?
|
1 2 3
4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
3
|
Konfirmasi
|
|
|||||||
|
|
Peserta didik:
|
|
||||||||
|
|
melakukan refleksi terhadap pengalaman
belajarnya?
|
1 2 3 4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
Guru:
|
|
|
|||||||
|
|
memberi umpan baik positif kepada peserta didik?
|
1 2 3 4
5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
memberi konfirmasi melalui berbagai sumber
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
|
1 2 3 4
5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
berperan sebagai narasumber dan fasi-litator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan, dengan
bahasa yang baik dan santun
|
1
2 3 4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi
|
1 2
3 4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
|
1 2
3 4 5
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||
C
|
Kegiatan Penutup
|
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek
ketercapaian tujuan pembelajaran
|
1 2 3 4 5
|
|
|||||||
|
|||||||||||
|
|
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
|
1 2 3 4 5
|
||||||||
|
|||||||||||
KESIMPULAN UMUM
|
|||||||||||
Langkah-langkah pembelajaran sesuai/tidak
sesuai*) dengan RPP yang dikembangkan
|
|||||||||||
SARAN PEMBINAAN
|
|||||||||||
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………….
|
|||||||||||
…………….., …………….. 2010
|
|||||||||||
GURU YANG DISUPERVISI
|
SUPERVISOR
|
||||||||||
……………………………………..
|
……………………………………..
|
||||||||||
NIP. ……………………………….
|
|||||||||||
Nilai
: skor diperoleh /155 x100%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar